Tips Agar Ban Motor Tahan Lama

Tips Agar Ban Motor Tahan Lama – Selain penggunaan motor, mesin dan bodi yang awet, pengguna motor juga menginginkan jika ban motor juga dapat tahan lama. Namun jika dibayangkan untuk membuta ban motor tahan lama sangatlah susah. Karena biasanya dalam satu bulan terkadang para pengguna motor sudah mengganti ban motornya selama dua kali atau lebih karena ban yang mudah meletus, terkena benda tajam dan yang lainnya.

Namun Anda jangan khawatir riders, karena kami akan membahasnya bagaimana tips agar ban motor tahan lama. Maka dari itu Anda bisa menyimak artikel berikut ini hingga akhir.

Tips Agar Ban Motor Tahan Lama, Bagaimana?

Tips Agar Ban Motor Tahan Lama

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa tips agar ban motor tahan lama yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa tipsnya sebagai berikut ini:

Rajin Merawat dan Mengecek Kondisi Ban

Tips agar ban motor tahan lama yang pertama adalah dengan rajin merawat dan mengecek kondisi ban. Anda bisa mulai melakukan tips ini dengan mengamati bebatuan yang lengket dan menyingkirkannya. Hal ini dilakukan agar tidak ada yang menancap di ban sehingga menimbulkan kempes dan ditambal.

Beban Yang diangkut perlu diperhatikan.

Untuk tips agar ban motor dapat tahan lama yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan beban yang diangkut. Jika beban yang diangkut sangat banyak, takutnya ban akan mudah sekali meletus. Jadi ada baiknya untuk Anda memperhatikan benda yang diangkut maksimunnya berapa. Karena Anda akan rugi sendiri jika ban motor tiba-tiba rusak dan Anda harus menggantinya.

Jangan Lupa Selalu Mengecek Tekanan Udara Pada Ban

Hal yang harus diperhatikan juga untuk tips agar ban motor tahan lama adalah untuk selalu rutin mengecek tekanan udara yang ada. Nah, Anda harus memperhatikan jika ban dalam keadaan panas janganlah mengurangi tekanan anginnya. Nanti jika ban sudah dingin Anda baru bisa mengurangi tekanan ban atau menambah tekanannya. Perlu diketahui juga jika tekanan ban yang paling normal berada di 38 hingga 40 psi bagian ban belakang, sedangkan tekanan 32 psi untuk bagian depan ban.

Baca juga:  Ciri Pelumas Motor Palsu Yang Wajib Anda Ketahui

Melepas Benda Tajam Yang Menusuk Ban

Tips agar ban motor tahan lama selanjutnya adalah untuk melepas benda tajam yang menusuk ban haruslah berhati-hati. Karena jika Anda mencabutnya secara asal takutnya lubang akan semakin lebih membesar dan angin akan mudah sekali untuk keluar. Jadi ada baiknya Anda mencari bengkel terdekat terlebih dahulu lalu baru Anda bisa mencabutnya dengan bantuan montir di bengkel tersebut.

Hindari Hal-hal yang Berbau Lem

Nah, yang selanjutnya adalah hindari lem yang cair maupun segalanya yang berhubungan dengan lem. Untuk yang satu ini jika ban Anda akan ditambal, tolong jangan menutup buru-buru lubangnya pada ban dengan lem cair maupun lem khusus ban. Hal ini karena lem bisa saja menyebar keseluruh permukaan ban dan bisa saja ban dapat mengalami kerusakan karena hal itu. Namun jika lem terbuat dari bahan khusus mungkin ban bukan dapat rusak permanen tapi juga akan mendadak meledak atau meletus saat Anda berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Nah itulah beberapa tips agar ban motor tahan lama yang bis aANd ketahui atau pun terapakannatinya. Memang untuk bba emnag benar0benar harus diperhatikan juga selain bodi dan bmesin ada motor. Hal ini dikarenakan jika slah satu bermaslah, maka Anda juga yang rugi. Bisa jadi motor diservice atau a]=Anda mendapat resiko lainnya. Jadi daripada seblu terjaid hal-hal yang lainnya, mending rawatlah seppda motro kesayangan Anda yah. J

Related Post to Tips Agar Ban Motor Tahan Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *