Ketahui Langkah Merawat Rantai Motor Yang Benar

Info Motor Terbaru – Selain oli motor, salah satu bagian terpenting motor yang sering dilupakan ialah rantai motor. Dalam hal ini rantai motor memiliki peranan yang penting sekali yakni sebagai penggerak roda untuk bisa berjalan. Tentunya ketika rantai motor sudah mengalami masalah, kegiatan berkendara pun akan terasa tidak nyaman sekalipun kita sudah melakukan tips safety riding yang benar. Adapun beberapa masalah yang sering terjadi pada rantai motor ialah sering kendurnya rantai motor karena kondisi jalanan yang tidak mendukung.

Selain itu, kondisi rantai yang kering juga termasuk sebagai salah satu masalah rantai yang tidak boleh untuk dilupakan. Nah untuk menghindari hal yang sedemikian rupa, ada baiknya nih bagi riders untuk mengetahui langkah merawat rantai motor yang benar seperti yang sudah Info Motor Baru sajikan berikut ini!

Merawat Rantai Motor yang Benar

3 Langkah Merawat Rantai Motor Yang Benar

Jangan Gunakan Oli Bekas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat rantai motor agar selalu awet ialah dengan melumasinya menggunakan pelumas rantai yang benar. Jangan pernah menggunakan oli bekas sebagai pelumas ya riders! Karena pada oli bekas terdapat beberapa partikel mesin motor yang sangat lembut sekali sehingga akan menimbulkan gesekan pada rantai dan gir motor. Dengan demikian kondisi rantai dan gir motor akan cepat aus.

Baca juga: Cara Mengganti Oli Motor yang Benar

Gunakan Oli Baru dengan SAE 80-90

Nah jika Anda enggan membeli pelumas rantai yang harganya cukup mahal, maka alternatif yang bisa Anda lakukan ialah dengan membeli oli baru dengan tingkat kekentalan yang maksimal / dengan SAE 80-90. Kondisi oli baru yang kental ini tidak akan membuat rantai aus atau cepat kendur.

Baca juga:  Begini Cara Mengganti Oli Yang Benar

Bersihkan Rantai Sebelum Dilumasi

Kebanyakan orang saat ini sering langsung memberikan pelumas pada rantai tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini tentu akan menyebabkan seluruh kotoran semakin menumpuk pada bagian sela rantai. Alhasil, kondisi rantai akan semakin cepat rusak dan cepat mengendur. Efek samping yang cukup parah ialah, rantai sudah tidak bisa digunakan lagi. Nah untuk menghindari yang demikian, ada baiknya Anda membersihkan terlebih dahulu rantai yang ingin diberi pelumas dengan menggunakan deterjen atau lap. Selanjutnya barulah diberi pelumas.

Itulah tadi 3 langkah merawat rantai motor yang benar. Bagaimana riders, cukup mudah bukan merawat rantai motor? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Oh iya, jangan lupa untuk membaca ulasan mengenai bahaya membawa beban berlebih pada motor matic agar motor matic Anda tidak cepat rusak 🙂

Related Post to Ketahui Langkah Merawat Rantai Motor Yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *