Kenali Penyebab Rem Motor Menjadi Keras

Penyebab Rem Motor Menjadi Keras – Rem adalah sesuatu yang sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengendara. Jika rem tidak dapat berfungsi dengan baik, maka akan berbahaya saat bermanuvver di medan jalan.
Untuk menghindarai hal itu sebagai pengguna motor sebaiknya Anda dapat merawat motor Anda termasuk bodi, rem, dan mesin. Ini dilakukan agar rem dapat berfungsi dengan optimal dan baik. Jadi Anda akan aman dan nyaman saat berkendara.

Nah untuk rem motor menjadi keras yang satu ini pastilah ada penyebabnya sebelumnya. Lalu , apa saja sih penyebab rem motor menjadi keras? Berikut kami akan membahasnya untuk Anda, oleh karena itu yuk simak artikel berikut ini hingga akhir.

Penyebab Rem Motor Menjadi Keras, Apa Saja?

Penyebab Rem Motor Menjadi Keras

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa penyebab rem motor menjadi keras yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut ini:

Rem Yang Mulai Menipis

Nah, penyebab area motor menjadi keras yang pertama adalah rem yang mulai menipis. Hal ini karena rem yang mungkin tidak diberikan oli sehingga kampas rem menjadi menipis dan juga kurangnya pembersihan secara rutin. Hal ini yang sepertinya sangat sering menyebabkan fungsi rem tidak optimal

Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti dengan rem yang lebih baru lagi lalu memasangnya di bengkel resmi motor tersebut. Terkadang ketika rem sudah diganti pun masih saja kurang pakem saat digunakan, jadi daripada Anda membuang uang untuk mengganti rem rawatlah saja dengan baik dan rutin memeriksanya.

Rem Sulit Untuk Mencengkram

Penyebab rem motor menjadi keras selanjutnya adalah rem yang sulit mencengkram. Untuk yang satu ini sebenarnya sama saja dengan poin yang pertama, Anda kurang memperhatikan dan memeriksa secara rutin. Akibatnya terdapat kotoran yang menumpuk sehingga menghambat kinerja rem tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membongkar rem tersebut lalu dibersihkan atau juga menggantinya dengan rem yang lebih baru lagi. Jika Anda tidak dapat membongkarnya pergilah ke bengkel dan mintalah petugas untuk mengganti rem cakramnya.

Memang untuk menuju bengkel membutuhkan biasanya, namun Anda tidak perlu repot dan susah untuk membongkarnya. Dan resiko kesalahan membongkar juga akan terhindar.

Seal Master Rem Yang Telah Berkarat Dan Kotor

Penyebab yang selanjutnya adalah seal master yang telah berkarat. Memang untuk rem yang telah berkarat pastilah tidak dapat berfungsi dengan optimal. Salah satu cara agar dapat berfungsi kembali Anda bisa menggantinya di bengkel resmi yang ada. Karena bagaimanapun jika rem tidak berfungsi sangatlah tidak baik untuk keselamatan ketika berkendara. Jadi ada baiknya Anda segera mengganti rem tersebut daripada celaka nantinya.

Selai melakukan pergantian, Ada juga bisa mengatasinya dengan menambahkan seal master tadi dengan pelumas atau oli jika memang masih layak untuk dipakai.

Kurangnya Perawatan Pada Rem

Nah, penyebabnya yang sering dilalaikan oleh para pengguna motor adalah kurangnya perawatan pada rem. Perawatan yang dimasukkan mulai dari pemberian pelumas dan juga membersihkan rem. Sebenarnya jika Anda tidak rutin membersihkan rem lama-kelamaan kotoran akan menumpuk sehingga rem tidak berfungsi karena adanya kotoran yang mengganjal.

Jadi sebelum terjadi seperti itu Anda bisa membersihkan rem dengan cara membongkarnya. Bersihkan bagian yang kotor dengan air, setelah itu Anda bisa memasangnya kembali. Memang setelah melakukan pembongkaran rem akan berefek tidak pakem, namun ini hanya sementara. Jika Anda takut melakukan pembongkaran, datanglah ke bengkel yang benar-benar mengerti hal tersebut.

Nah, itulah beberapa penyebab rem motor menjadi keras yang bisa Anda ketahui. Sebaiknya jika tidak ingin rem menjadi keras atau kurang pakem, Anda bisa mengecek dan merawat rem agar dapat berfungsi dengan baik mungkin. Jangan sampaikan mendiamkannya karena sangat bahaya sekali jika tidak segera di atasi dan diganti. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Related Post to Kenali Penyebab Rem Motor Menjadi Keras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *