Kenali Bahaya Semir Ban Yang Jarang Diketahui

Bahaya Semir Ban Yang Jarang Diketahui – Setiap pengendara pasti menginginkan jika motornya selalu terlihat bagus dan bersih. Terkadang mereka harus menggunakan berbagai cara untuk hal yang satu itu. Seperti halnya ban yang harus tetap kinclong dan mengkilap mereka menggunakan semir seperti halnya sepatu yang disemir agar mengkilap.

Tapi apakah Anda tahu ? Jika penggunaan semir pada ban memiliki efek yang berbahaya dan dapat merugikan Anda sendiri. apalagi jika harus digunakan dalam jangka panjang dan terus menerus akan sangat bahaya sekalii bukan ?
Lalu, apa saja sih bahaya semir ban yang jarang diketahui? Kami akan membahasnya pada artikel berikut ini. Maka dari itu yuk simak lebih lanjut yah!!

Bahaya Semir Ban Yang Jarang Diketahui. Apa Saja ?

Bahaya Semir Ban Yang Jarang Diketahui

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa bahaya semir ban yang jarang diketahui oleh Anda. Adapun beberapa bahayanya sebagai berikut ini :

Dapat Merusak Lapisan Kulit Karet Pada Ban

Bahaya semir ban yang jarang diketahui pertama adalah dapat merusak lapisan kulit. Hal ini ternyata banyak orang atau pengendara yang tidak mengetahui jika kendaraan kesayangan mereka bannya harus menipis karena penggunaan semir ban.

Memang semir dapat membuat ban menjadi kelihatan baru dan kinclong, tapi jika dapat merusak kulit, bagaimana? apakah Anda ingin tetap menggunakannya. Lebih baik Anda menghindari penggunaan semir ban daripada Anda menjadi rusak dan semakin tipis. Karena pada umumnya penggunaan semir hanya berlaku untuk jangka pendek dan tidak dapat dilakukan berulang-ulang.

Warna Ban Menjadi Lebih Kusam

Bahaya untuk penggunaan semir yang selanjutnya adalah warna ban menjadi lebih kusam. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat yang dapat mengurangi warna hitam sehingga menjadi lebih kusam daripada yang sebelumnya.

Jika Anda tidak ingin ban semakin lebih kusam jangan lagi menggunakan semir ban yang terjual di toko dan bengkel, jadi biarkanlah warnanya alami dan menjadi kusam sendiri. Ini dilakukan agar penggunaan ban dapat tahan lama dan memberikan kenyamanan bagi para pengendara.

Membuat Permukaan Ban Menjadi Retak

Ban mengalami retak-retak juga menjadi salah satu bahaya semir ban yang jarang diketahui. Seperti yang telah dibahaskan sebelumnya jika penggunaan semir ban secara berlebihan akan berdampak pada permukaan ban, bisa saja menjadi lebih tips dan retak-retak. Hal ini sangat ditakutkan karena dapat meletus seketika jika ban terlalu panas saat berkendara dan Anda bisa saja terluka.

Jadi ada baiknya untuk Anda memahami dulu bahan semir ban yang akan digunakan. Layak atau tidaknya cairan semir tergantung dari bahan pembuatan. Dan janganlah tergiur dengan harga ban yang murah karena bisa saja itu produk palsu yang bisa membuat ban Anda semakin rusak nantinya.

Ban Menjadi Mudah Bocor

Karena penggunaan semir ban yang terlalu sering bisa mengakibatkan ban menjadi mudah bocor. Hal ini dikarenakan semir ban membuat permukaan menjadi lebih tipis dan retak-retak. Maka bisa saja ban bocor karena hal tersebut. Agar kondisi ban Anda tahan lama lebih baik kurangi penggunaan dari semir ban tersebut.

Nah itulah bahaya semir ban yang jarang diketahui oleh para pengendara. Ada baiknya Anda tidak menggunakan semir ban untuk merawat ban agar terlihat tahan lama serta tetap kinclong. Cukup lakukan perawatan biasa seperti mencuci permukaan ban dan memeriksanya secara rutin makan ban pada motor Anda akan dapat tahan lama. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua

Related Post to Kenali Bahaya Semir Ban Yang Jarang Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *