Kapan Air Radiator Diganti?

Kapan Air Radiator Diganti – Pergantian air radiator ternyata sangat penting untuk motor dan juga mobil. Hal ini dikarenakan fungsi radiator yang dapat mempengaruhi peforma motor agar tetap tinggi dan menjaga suhu mesin motor agar tetap dingin. Nah, agar cairan pendingin ini tetap berfungsi untuk menurunkan suhu Anda harus menggantinya secara rutin.

Pergantian bisa dilakukan di bengkel atau pun melakukannya sendiri kalau memang Anda sudah berpengalaman. Namun kapan waktu yang cocok untuk mengganti air radiator tersebut. Berikut kami akan membahasnya pada artikel kapan air radiator diganti? Kami sarankan untuk Anda menyimak agar bisa mengerti.

Kapan Air Radiator Diganti?

Kapan Air Radiator Diganti

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa informasi waktu kapan air radiator diganti yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasinya sebagai berikut ini:

Air Radiator Berwarna Keruh, Sudah Bisa Diganti

Kapan air radiator diganti? Tandanya ketika air mulai keruh, jika Anda tidak dapat mengecek warna airnya keruh atau tidak. Bisa membuka tutup radiatornya atau pun bisa dilakukan dengan mengecek warna water coolan dari tabung reservior. Setelah dirasa warna air berubah, Anda harus segera mengganti air radiatornya ke bengkel resmi.

Jika Anda bisa menggantinya sendiri, mungkin bisa menyimak cara nya berikut ini.

  1. Untuk menguras radiator pastikan kondisi mesin atau kendaraan pastikan dalam keadaan hangat. tidak terlalu panas dan tidak dingin. Karena jika hal itu akan terjadi takutnya kotoran yang ada pada radiator mengering dan semakin menempel pada dinding radiator.
  2. Melakukan pengurasan Anda bisa mengulangi 2 hingga 3 kali tergantung air yang sudah keluar. Lakukan dengan membuka tutup radiator lalu memasukan air hingga penuh jangan lupa untuk menambahkan cairan flush. Cairan tersebut berguna untuk mengangkat kotoran.

Setelah selesai Anda bisa menyalakan mesin motor sekiranya 15 menit. Kemudian jika selesai Anda bisa membuka saluran pembuangannya, jika air yang dibuang masih keruh Anda bisa mengulangi cara diatas sampai air yang keluar bersih. Karena itu menandakan jika dinding radiator sudah bersih

Tergantung Pemakaian Kendaraan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika pergantian air radiator tergantung dengan pemakaian kendaraan tersebut. Jika Nada selalu menggunakan kendaraan tersebut maka harus selalu rutin melakukan pengecekan, jika memang air sudah kuning atau keruh Anda bisa langsung mengganti air radiatornya. Namun sebaliknya jika Anda menggunakan kendaraan sangat jarang maka bisa menggantinya selama 5 hingga 10 bulan sekali. Tapi Anda juga harus tetap melakukan pengecekan yah.

Diganti Secara Berkala

Untuk selanjutnya waktu kapan air radiator diganti yang selanjutnya adalah diganti secara berkala. Ini tergantung dari pemakaian kendaraan Anda. Apakah kendaraan selalu digunakan setiap harinya atau jarang. Karena semakin tinggi jam kerja dari mesin makan semakin banyak penggunaan air radiatornya. Biasanya pergantian dilakukan antara 2 – 6 bulan sekali. Dan ada kalanya untuk Anda segera mengganti air radioator tersebut sebleum mesin kendaraan menjadi macet. Kami sarankan untuk Anda bisa mengganti di bengkel resmi kendaraan tersebut karena akan lebih aman dan pekerjaannya tidak akan asal-asalan.

Harus Diganti Tiap Jarak Tempuh 10.000 KM – 20.000 KM

Kemudian waktu yang tepat lainnya untuk mengganti air radiator adalah dengan mengganti tiap jarak tempuh 10.000 KM – 20.000 KM. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri atau menggantinya ke bengkel resmi motor tersebut.
Itulah beberapa informasi mengenai kapan air radiator diganti yang bisa Anda ketahui. Memang selain pelumas yang harus diganti, air radiator pun juga harus diperhatikan kapan harus dilakukan pergantian. Hal ini karena jika air radiator habis atau pun kotor maka kendaraan Anda bisa saja mengalami kerusakan. Jadi ada kalanya untuk Anda selalu mengecek motor agar tahu kapan air radiator harus diganti. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat berguna untuk Anda semua.

Related Post to Kapan Air Radiator Diganti?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *