Ini Dia Kelebihan Ban Diisi Nitrogen Dibandingkan Dengan Angin Biasa

Kelebihan Ban Diisi Nitrogen – Nitrogen adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang berlambang N dan bernomor atom 7. Nitrogen biasanya disebut zat lemas karena memang bersifat malas dan tidak mudah bereaksi dengan unsur yang lainnya, sehingga di atmosfer bumi hanya mengisi 8,08 % saja.

Jika berbicara tentang nitrogen, unsur kimia yang satu ini ternyata dapat menjadi dari isi ban mobil dan motor. Jika dibandingkan dengan udara bias yang mengisi ban, nitrogen lebih memiliki keunggulan yang penuh. Banyak yang bilang jika ban diisi nitrogen untuk berkendara akan lebih empuk, lalu hemat bahan bakar, lebih ekonomis dan yang lainnya.

Hal ini memang terjadi dan terbukti karena penggunaan ban diisi nitrogen sangatlah memiliki keunggulan yang lebih selain ban yang diisikan udara biasa. Jadi ada baiknya untuk Anda memulai mengisikan ban dengan Nitrogen, jikalau sudah ada disekitar lingkungan Anda.

Selain memiliki kelebihan tersebut, ternyata masih banyak lagi kelebihan dari ban yang diisikan nitrogen. Lalu apa saja sih Kelebihan ban diisi nitrogen yang dapat diketahui? Anda jangan khawatir. Karena kami akan membahasnya untuk Anda pada artikel berikut ini. Yuk simak hingga akhir yah!

Kelebihan Ban Diisi Nitrogen, Apa Aja?

Kelebihan Ban Diisi Nitrogen

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa kelebihan ban diisi Nitrogen yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa kelebihan ban tersebut sebagai berikut ini:

Ban Lebih Awet

Untuk kelebihan ban diisi nitrogen adalah ban lebih awet. Ini dikarenakan sifat nitrogen yang sangat kering dan molekulnya lebih besar sehingga dapat tahan terhadap temperatur yang tiba-tiba berubah. Maka dari itu ban yang berisi nitrogen akan tidak cepat kempes, ban berisikan udara penuh jadi ban dapat berumur panjang.

Irit Terhadap Bahan Bakar.

Kelebihan ban diisi nitrogen yang selanjutnya adalah dapat irit terhadap bahan bakar. Ini dikarenakan permukaan ban yang diisi nitrogen biasanya memiliki profil da diameter yang rata, sehingga dalam satu kali putaran dapat berjalan 1,4 meter. Namun jika hanya diisi udara yang biasa maka ban tidak rata dan dalam satu kali putaran hanya berjalan 1,2 meter saja. Lebih baik menggunakan ban yang berisikan Nitrogen bukan? keran memang sudah terbukti dapat menghemat bahan bakar dan meringankan kerja mesin.

Baca juga:  Kenali Penyebab Rem Motor Menjadi Keras

Ban Lebih Ekonomis

Karena ban berisikan nitrogen, jadi isinya akan penuh jika dibandingkan dengan hanya diisikan angin biasa. Selain itu karena isinya penuh jadi tidak akan mudah kempes dan tidak perlu terlalu sering untuk pengisian angin yang lebih banyak lagi. Kelebihan ban diisikan nitrogen yang satu ini memang sudah terbukti.

Tidak Mudah Meledak

Sifat nitrogen yang non corrosive dan mengurangi oksidasi serta karat juga menjadi kelebihan ban diisi nitrogen karena nantinya suhu yang ada pada ban nanti akan lebih stabil, tidak ada perubahan. Jadi ban akan tidak terpengaruh dan Anda saat berkendara bisa terhindar dari resiko ban yang meledak karena terlalu panas.

Itulah beberapa kelebihan ban diisi nitrogen yang bisa Anda ketahui. Memang ada perbedaan antar penggunaan ban yang berisikan nitrogen maupun ban berisikan udara biasanya. Namun disarankan untuk menggunakan ban dengan nitrogen karena dapat terhindar dari resiko pecah ban dan yang lainnya. Dan untuk di daerah yang masih jarang memompa ban dengan udara nitrogen mending Anda menggunakan ban yang berisikan udara biasa karena memang yang menyediakan nitrogen masih sangat jarang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna untuk Anda semua J

 

Informasi Motor Terbaru ini dikenal, sbb :

bener aph nggk isi angin ban di nitrogen bisa irit bahan bakar -

Related Post to Ini Dia Kelebihan Ban Diisi Nitrogen Dibandingkan Dengan Angin Biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *