Begini Cara Merawat Mesin Motor Tua Yang Jadul

Cara Merawat Mesin Motor Tua – Halo sobat Info Motor Terbaru! Apa kalian saat ini memiliki sebuah motor tua atau motor jadul? Misalnya seperti Grand, Yamaha 80, atau yang lain? Jika iya, tentu Anda memiliki kegemaran dalam mengoleksi atau memiliki barang klasik bukan? Ketika kita memiliki sebuah motor tua atau motor yang jadul, maka sangat penting sekali bagi kita untuk tetap merawatnya agar performa yang dimilikinya tetap bertahan.

Berdasarkan pengalaman para pengguna motor, termasuk admin, beberapa motor tua justru memiliki ketahanan mesin yang sangat tangguh dibandingkan dengan motor jenis sekarang. Selain itu, beberapa mesin motor jadul justru lebih kuat digunakan untuk kegiatan ekstra dibandingkan “motor jaman now”. Untuk itu beruntung sekali bagi Anda yang masih memiliki motor jadul tua.

Untuk itu, jangan lupa untuk terus merawat mesin motor tua yang jadul dengan tips perawatan motor seperti di bawah ini!

Cara Merawat Mesin Motor Tua Yang Jadul

Cara Merawat Mesin Motor Tua Yang Jadul

Di bawah ini admin Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa cara merawat mesin motor tua yang jadul, yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Bersihkan Komponen Mesin

Cara merawat mesin motor tua yang pertama ialah dengan rutin membersihkan komponen mesin. Dalam hal ini kalian harus bisa membongkar sendiri beberapa part agar bisa membersihkannya secara menyeluruh. Namun jika Anda tidak bisa, cobalah untuk ke bengkel motor terlebih dahulu. Jika Anda ingin hemat biaya, cobalah bergabung di salah satu grup motor jadul atau motor tua di Facebook atau pun di Google Plus. Untuk komponen case cobalah membersihkannya dengan menggunakan kanebo kain (kering-basah).

Ganti Oli Secara Bertahap

Mengingat mesin motor tua agak berbeda dengan jenis mesin motor jaman sekarang, maka sangat penting sekali bagi Anda untuk mengerti jenis oli motor yang cocok. Untuk mengetahui oli motor yang cocok, coba Anda search terkait oli original dari jenis motor tua yang Anda miliki. Setelah itu cobalah cari spesifikasi oli yang sepadan atau memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan oli original tersebut. Jika Anda menemukan jenis oli original mesin motor tua Anda, maka gunakan saja jenis oli tersebut. Untuk mengetap oli atau ganti oli biasanya 2 bulan sekali atau setiap mencapai 2000 KM.

Bersihkan Karburator Secara Rutin

Kebanyakan jenis motor tua selalu menggunakan karburator sebagai sistem mesin. Untuk itu cara merawat mesin motor tua yang benar ialah dengan rutin membersihkan karburator. Karburator yang kotor nantinya akan menyebabkan masalah ketika sedang terjadi pembakaran di dalam mesin. Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan lebih boros dibandingkan sebelumnya. Untuk membersihkan karburator ini Anda bisa pergi ke bengkel apabila tidak bisa memasang dan melepas komponennya. Namun apabila Anda bisa, cobalah membersihkannya dengan bensin dan sikat gigi yang halus.

Baca juga: Cara Memperbaiki Motor Yang Boros Bensin

Cek Kabel Tarikan Gas

Cara merawat mesin motor tua yang jadul selanjutnya ialah dengan mengecek kabel tarikan gas yang dimilikinya. Dalam hal ini, kabel gas yang tidak pernah diganti bisa saja akan putus sewaktu-waktu. Apabila sudah putus, jelas Anda akan kebingungan terlebih ketika sedang berada di perjalanan. Selain itu, apabila kondisi kabel gas sudah tidak layak pakai, harap diganti saja. Cek juga pada bagian pir gas agar nantinya gas tidak “nyantol” atau tidak bisa kembali ke tarikan normal.

Cek Kesehatan Aki Dan Busi

Aki dan busi ibarat sebuah jantung dan paru-paru dalam sebuah sistem motor. Biasanya, aki motor diganti apabila sudah soak atau mati. Untuk mengecek aki, cobalah melakukan double starter. Jika tidak bisa, berarti kekuatan aki Anda sudah melemah. Sedangkan untuk mengecek kemampuan busi harus dilakukan tes lapangan terlebih dahulu. Namun jika Anda ragu, lihatlah pada speedometer motor Anda. Apabila tanggal pemasangan busi baru sudah melebihi 10000 KM, maka langsung saja Anda ganti dengan busi yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Aki Motor Yang Kering

Oke, itulah tadi beberapa cara merawat mesin motor tua yang jadul. Bagaimana, sangat mudah bukan caranya? Selain mudah cara merawatnya juga hemat. Jangan lupa untuk melakukan permak pada warna motor tua agar tetap terlihat segar seperti “motor jaman now”

Related Post to Begini Cara Merawat Mesin Motor Tua Yang Jadul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *