Begini Cara Mengganti Oli Sendiri Di Rumah Yang Benar

Cara Mengganti Oli – Ingin mengganti oli, tapi Anda malas untuk pergi ke bengkel? Tentunya Anda tak usah khawatir bila ingin mengganti oli, karena hal tersebut dapat di lakukan di rumah, lho. Seperti yang kita ketahui bila mengganti oli di bengkel terlalu mahal. Maka tak heran, banyak para pecinta motor menggantikan oli di rumah saja.

Karena begitu banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara menggantikan oli sendiri. Maka sangat di sarankan bagi Anda yang penasaran akan cara mengganti oli yang benar yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Mengganti Oli Paling Mudah

cara mengganti oli

Di bawah ini Info Motor Terbaru akan mengulas informasi seputar cara mengganti oli mudah yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara yang bisa Anda coba sebagai berikut :

Diamkan Motor Dalam Waktu Yang Lama

Sebelum melakukan pergantian oli motor, tentu langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendiamkan motor yang sebelumnya telah terpakai. Namun, pastikan juga untuk mesin motor dalam keadaan mati atau tak di hidupkan. Mendiamkan motor dilakukan agar oli yang berada di dalam mesin segera menjadi dingin. Cara mengganti oli secara cepat ini dilakukan juga menguntungkan Anda agar tak terkena oli panas di dalam mesin motor tersebut.

Menyiapkan Peralatan  Yang Di Gunakan

Sambil menunggu oli pada motor mendingin, Anda bisa menyiapkan peralatan yang akan digunakan nantinya. Untuk peralatan yang harus disiapkan seperti halnya tang untuk membuka tutup tangki dari oli sendiri. Ada juga wadah seperti kaleng biskuit bekas, timba dan lainnya berguna menampung oli yang di keluarkan dari tangki. Anda juga membutuhkan corong maupun selang untuk memasukkan oli yang baru nantinya. Dan jangan lupa untuk membawa kain atau lap, alat yang satu ini berguna membersihkan oli yang berceceran pada bodi motor Anda.

Membuka Penutup Oli Pada Bagian Bawah Dan Biarkan Oli Dapat Mengalir

Cara mengganti oli yang benar yang selanjutnya adalah, Anda bisa membuka penutup tangki oli pada bagian motor. Pastikan Anda harus berhati-hati  dalam membuka penutup oli karena bisa menyebabkan tangki bocor. Gunakan tang yang telah di siapkan sebelumnya untuk membuka penutup bagian bawah. Namun, pastikan Anda untuk memposisikan wadah yang telah disiapkan tepat di bawah tutup oli. Baru, Anda bisa membuka tutup tangki pada bagian bawah secara perlahan.

Baca juga:  Begini Cara Merawat Mesin Motor Tua Yang Jadul

Setelah dibuka pastinya oli bekas akan mengalir ke wadah atau kaleng yang berada di bawahnya. Biarkan oli tersebut mengalir hingga tetesan terakhir  dan baru setelah itu, Anda dapat menutup kembali tangki dengan menggunakan tang.

Diamkan Mesin Motor Tanpa Oli Semalam saja

Cara mengganti oli motor selanjutnya  Anda dianjurkan untuk mendiamkan motor selama semalam saja. Tentunya banyak bertanya mengapa  hal yang satu ini harus dilakukan. Ini berkaitan, dengan oli sebelumnya yang telah dikeluarkan terdapat sisanya atau tidak. Jadi pada  keesokannya Anda bisa memastikan dengan cara membuka kembali tutup tangki bagian bawah. Bila tidak Anda oli yang menetes maka bisa menggantinya dengan yang baru.

Memasukkan Oli Baru

Langkah yang terakhir dalam cara mengganti oli motor baru, Anda sudah bisa  membuka penutup oli bagian atas  untuk memasukkan oli yang baru. Gunakan corong untuk menuangkan oli baru ke dalam tangki. Hal ini juga menghindari akan oli tak tertumpah ke mana-mana. Anda bisa mengisi oli hingga penuh, dan menutup kembali bagian atas tangki dengan benar. Dan terakhir gunakan kain untuk menghilangkan oli yang tercecer di sekitaran bodi motor.

Baca juga : Cara Perawatan ABS Pada Motor

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengganti oli sepeda motor yang bisa Anda coba. Dengan adanya artikel ini tentu Anda tak akan repot untuk mengganti oli di bengkel. Karena hal tersebut, bisa  dilakukan di rumah saat ini. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih 🙂

Related Post to Begini Cara Mengganti Oli Sendiri Di Rumah Yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *