Cara Mengatasi Motor Yang Boros Bahan Bakar

Cara mengatasi motor yang boros bahan bakar – seperti yang kita ketahui, tidak semua motor bisa hemat akan konsumsi bahan bakar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya seperti kapasitas volume silinder atau cc pada motor, teknik berkendara, serta jenis bahan bakar yang digunakannya.

Sekalipun motor baru, namun sang pengendara tidak bisa mengendarai motor dengan teknik standar slowing, tentu motor tersebut akan boros bahan bakar. Namun untuk mengakali hal ini anda bisa menggunakan beberapa cara mengatasi motor yang boros bahan bakar agar nantinya anda tidak berlangganan bensin setiap hari di pom.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui cara mengatasi motor yang boros bahan bakar, cari tahu selengkapnya melalui informasi berikut ini!

Beberapa Cara Mengatasi Motor Yang Boros Bahan Bakar

Cara Mengatasi Motor Yang Boros Bahan Bakar

Berikut ini info motor terbaru akan memberikan beberapa cara mengatasi motor yang boros bahan bakar, yang bisa anda coba. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Periksa Karburator Motor

Cara mengatasi motor yang boros bahan bakar bisa dilakukan dengan mengecek kondisi karburator. Karburator yang kotor umumnya akan membuat proses pembakaran mengalami kendala. Alhasil mesin membutuhkan banyak bahan bakar guna menyempurnakan proses pembakaran agar motor dapat berjalan.

Adapun cara untuk membersihkan karburator yang kotor bisa kamu lakukan dengan membongkar body motor terlebih dahulu. Setelah itu silakan cari karburator dan lepas beberapa saluran yang terhubung ke sana. Jangan lupa untuk menutup pipa saluran bahan bakar agar tidak keluar. Setelah itu silakan bersihkan karburator dengan menggunakan sikat dan cairan pertamax.

Bersihkan sampai bersih kemudian pasang kembali seperti semula. Setelah itu jangan lupa untuk membuka kran bahan bakar agar bisa mengalir. Yang terakhir silakan pasang body motor anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Karburator Kemasukan Air

Bersihkan Filter Udara

Cara mengatasi motor yang boros bahan bakar juga bisa kamu lakukan dengan membersihkan filter udara. Filter udara yang kotor karena sering terkena debu bisa mengakibatkan proses pembakaran bahan bakar tidak berjalan secara sempurna. Alhasil mesin motor akan membutuhkan banyak bahan bakar untuk melakukan pembakaran secara sempurna.

Inilah yang menyebabkan kenapa motor anda sering boros bahan bakar. Untuk mengatasinya anda cukup membuka bagian filter udara. Setelah itu silakan bersihkan kerak pada filter udara tersebut dengan menggunakan semprotan pengisian bahan. Atau anda juga bisa menggunakan sikat yang halus. Ingat, jangan pernah mencuci bagian filter udara karena hal ini justru akan membuat umur filter udara tersebut lebih pendek.

Baca juga:  Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Motor Matic

Periksa Kekentalan Oli

Kapasitas oli yang encer rupanya bisa mempengaruhi kinerja proses pembakaran pada mesin motor. Inilah yang menyebabkan kenapa motor kamu sangat boros terhadap konsumsi bahan bakar. Sekarang coba kamu cek kekentalan oli pada motor kamu. Perhatikan juga kapan terakhir kali kamu ganti oli.

Secara umum proses ganti oli biasanya bertahap setiap 2000 kilometer. Jika oli pada motor kamu sangat encer, segera lakukan penggantian dengan oli yang baru. Namun jika oli motor kamu masih kental dan dengan kapasitas seperti pertama kali diisi, maka bisa jadi penyebab motor kamu boros bukan pada bagian oli.

Perhatikan Tekanan Ban Depan Dan Belakang

Siapa sangka rupanya tekanan pada ban depan sekaligus ban belakang juga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Ketika posisi ban belakang memiliki tekanan yang rendah, maka hal ini akan membuat rantai motor bekerja lebih ekstra untuk bisa memutar gear dengan kondisi ban yang kempes.

Nah, kinerja extra inilah yang bisa memicu terjadinya boros pada motor yang anda miliki. Untuk itu silakan anda cek tekanan pada bagian ban depan sekaligus ban belakang motor anda. Perlu diingat, jangan pernah memberikan tekanan ban melebihi batas maksimal atau kurang dari standar minimal. Ini sangat penting demi keselamatan ketika anda sedang berkendara di jalan.

Next tips: Cara Memperbaiki Motor Boros Bensin

Ok, itulah tadi beberapa cara mengatasi motor yang boros bahan bakar dengan benar. Jika dari beberapa solusi di atas masih belum bisa membantu anda, cobalah untuk datang ke tempat service motor yang anda miliki sesuai dengan pabrikan masing-masing untuk mendapatkan informasi yang jelas terkait penyebab konsumsi bahan bakar yang sangat boros ini. Semoga tips perawatan motor diatas bermanfaat 🙂

Related Post to Cara Mengatasi Motor Yang Boros Bahan Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *