Bensin Campur Alkohol, Memang Bisa?

Bensin Campur Alkohol – Apakah Anda pernah mencampur bensin dengan alkohol? Jika tidak pernah Anda bisa memperoleh informasi mengenai hal tersebut pada artikel ini. Namun sebelum itu apakah Anda mengerti ethanol itu apa?

Ethanol atau alkohol adalah cairan yang mudah menguap, mudah terbakar dan tak berwarna. Senyawa pada ethanol ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan bakar motor. Namun untuk penggunaannya tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa menyebabkan mesin kendaraan Anda akan rusak jika terlalu banyak kadar alkoholnya.

Lalu, apakah aman bensin campur alkohol? Anda jangan bingung, karena kami akan membahasnya pada artikel berikut ini. Maka dari itu yuk simak artikel berikut ini yah.

Bensin campur Alkohol, Memang Bisa?

Bensin Campur Alkohol

Dibawah ini Info Motor Terbaru akan memberikan beberapa informasi mengenai bensin campur alkohol yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasinya sebagai berikut ini:

Ramah Terhadap Mesin?

Jika Anda bertanya bensin campur alkohol aman atau tidak untuk mesin, jawabnya pasti aman. Ini dikarenakan jika Anda mencampurkan bensin atau ethanol dengan tingkatan sewajarnya. Dimana bensin 90 % untuk ethanolnya 10% baru Anda bisa menggunakan sebagai bahan bakar dan akan aman dan ramah untuk mesin motor Anda. penggunaan 10 % ethanol ini untuk menjaga kemungkinan kerusakan mesin lebih dini.

Jadi ketika Anda menggunakan bahan bakar premium dicampur dengan ethanol serasa memakai bahan bakar pertamax. Ethanol memang campuran yang sangat alternatif jika digunakan untuk menjaga oktan pada motor tetap tinggi namun dengan harga yang lebih murah karena menggunakan campuran bensin premium dan juga ethanol. Bagaimana Anda pernah menggunakan campuran bahan bakar yang satu ini?

Ethanol Sudah Dicampurkan Terlebih Dahulu

Sebenarnya ketika Anda telah membeli bahan bakar di pom bensin, biasanya telah dicampurkan dengan ethanol terlebih dahulu. Nah, ethanol yang dimaksud ini yang berbahan dari tumbuhan. Jadi pastinya jika sudah dicampurkan terlebih dahulu saat di pom bensin berarti akan baik digunakan pada mesin bukan?
Buktinya Anda selalu menggunakan bahan bakar tersebut, yang memang dari awal merupakan bensin campur ethanol. Dan mesin masih dalam keadaan baik selama digunakan berkendara dan menggunakan bahan bakar campuran tersebut. Bagaimana, Anda masih ragu?

Untuk pengguna juga bisa mencampurkan bensinnya sendiri dengan ethanol. Namun untuk takarannya harus 10% tidak lebih. Karena akan sangat bahaya dan menyebabkan mesin rusak jika terlalu berlebihan. Alangkah baiknya untuk Anda langsung saja membeli di pom bensin daripada meraciknya sendiri, karena yang rugi Anda sendiri nantinya. bisa saja kerusakan yang ditimbulkan adalah kerusakan cat tangki dan selang tangkinya nya serta dapat membuta karatan lho.

Apa Peringatan Yang Harus Diwaspadai?

Pada penggunaan bensin campur alkohol yaitu dengan perbandingan bensin premiumnya 90 % dan untuk ethanol 10 % ini memiliki beberapa himbauan jika Anda menggunakan secara berlebihan. Sebagai berikut ini penggunaan ethanol yang berlebihan

  1. Dapat merusak cat pada tangki bahan bakar
  2. Dapat terjadi pengkaratan pada tangki bahan bakar
  3. Berkendara semakin lebih buruk
  4. Dapat merusak selang karet

Nah itulah informasi mengenai bensin campur alkohol yang bisa Anda ketahui. Memang untuk penggunaan alkohol dapat menjaga oktan pada motor tetap stabil dan lebih tinggi. Namun tahukah Anda jika ethanol itu dapat merusak tangki dan membuatnya berkarat. Tak hanya itu terkadang akan membuat mesin juga rusak. Jadi ada baiknya Anda menggunakan campuran bensin itu secukupnya dan jangan terlalu sering. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna untuk pengendara motor semua. Sekian !!

Related Post to Bensin Campur Alkohol, Memang Bisa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *