Bahaya Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas

Info Motor Terbaru – Melakukan perawatan secara berkala pada motor yang kita miliki rupanya hal ini masih terbilang kurang baik dalam menjaga performa motor yang ada. Dalam hal ini ada juga beberapa tindakan buruk yang bisa membuat performa motor Anda semakin berkurang dan cepat rusak. Adapun salah satu jenis tindakan buruk tersebut ialah kesalahan pada saat mencuci motor.

Kebanyakan orang Indonesia tentu langsung mencuci motor mereka usai kehujanan. Hal ini memang bisa dibilang praktis, namun sayangnya, jika dibiarkan secara terus-menerus akan mengakibatkan penurunan performa bahkan kerusakan mesin yang serius. Hal ini bisa terjadi karena kondisi motor tersebut masih panas.

Nah bagi Anda yang saat ini sering melakukan kesalahan tersebut ada baiknya meluangkan waktu sejenak untuk membaca ulasan singkat mengenai bahaya mencuci motor dalam kondisi mesin panas berikut ini!

Bahaya Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas

Bahaya Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas

Dibawah ini ada beberapa bahaya mencuci motor dalam kondisi mesin panas yang wajib Anda perhatikan. Adapun beberapa bahaya tersebut diantaranya:

Membuat Mesin Cepat Rusak

Salah satu bahaya ketika kita mencuci motor dalam kondisi panas ialah membuat mesin motor tersebut cepat rusak. Hal ini bisa terjadi karena mesin merupakan salah satu logam yang ketika terkena dua suhu berbeda akan mengalami kerusakan atau keroposan. Ketika mesin panas lalu Anda siram dengan air yang dingin, tentu mesin tersebut akan mengalami pemuaian lalu penyusutan dengan cepat. Dan jika dibiarkan terus-menerus, tentu hal ini bisa menyebabkan motor turun mesin.

Menyebabkan Knalpot Berlubang

Sama halnya dengan prinsip logam, salah satu bagian motor yang sangat panas ketika usai digunakan ialah knalpot motor. Ketika kondisi knalpot panas lalu Anda siram dengan air dingin, tentu besi tersebut akan mengalami hal serupa seperti mesin di atas. Jika dibiarkan terus-menerus, maka knalpot akan berlubang dan bisa menyebabkan asap knalpot menjadi kebul atau berwarna putih.

Mesin Kemasukan Air

Mencuci motor pada kondisi panas dengan tekanan air yang tinggi rupanya hal ini tidak baik juga, kenapa demikian? Karena air bertekanan tinggi mampu masuk kedalam celah-celah kecil mesin yang akan berakibat pada masuknya air pada mesin. Dan jika hal ini sudah terjadi, tentu performa tarikan gas motor bisa mengalami penurunan kinerja.

Nah itulah tadi Bahaya Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Melihat hal ini cukup berhaya, tentu ada baiknya untuk mendiamkan mesin dingin dahulu baru mencucinya 🙂

Related Post to Bahaya Mencuci Motor Dalam Kondisi Mesin Panas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *